Harga Rumput Laut Rp.23 Ribu / Kg

|

Harga rumput laut di pasaran Nusa Tenggara Timur (NTT), saat ini mencapai harga tertinggi yakni berada di antara Rp21.000-23.000 ribu/kg dari biasanya Rp4.000-6.000 ribu/kg.

"Ini harga paling tinggi yang kami jual, apalagi pada masa panen seperti saat ini, di mana ketersediaan komoditas itu dalam jumlah besar sangat berpengaruh pada harga jual di pasaran," kata Gerson, petani rumput laut di Kupang, Kamis.

Senada juga dikatakan Hendrik Adoe, petani rumput lain Kupang lainnya bahwa harga rumput laut di pasaran saat ini sangat tinggi jika dibanding harga pada dua bulan sebelumnya, yang hanya berkisar antara Rp5-6 ribu/kg, bahkan pada musim panen turun hingga Rp4.000/kg.

Gerson dan Hendrik yang ditemui di salah satu bank ketika hendak menabung uang mengaku, merasa belum percaya karena bisa membawa uang puluhan juta untuk disimpan ke bank.

Uang tersebut merupakan hasil penjualan rumput laut yang baru di panen dari para pembeli yang datang dari Surabaya.

"Setiap kali panen biasanya kami memperoleh keuntungan paling tinggi sepuluh juta dan paling renda Rp3-5 juta. Tahun ini kami seperti ketiban rezeki karena hampir semua petani yang memelihara rumput laut memperoleh keuntungan puluhan juta," katanya.

Bahkan ada kelompok pembudidaya rumput laut yang memperoleh keuntungan lebih dari Rp100 juta. "Kami tidak pernah menyangka," kata Gerson yang mengaku memiliki usaha rumput laut di Kupang barat, sekitar 35 km arah barat Kota Kupang.

Keduanya berjanji, akan meningkatkan areal usaha rumput laut agar ke depan bisa memperoleh keuntungan lebih besar dari saat ini.

Hanya saja, mereka meminta agar pemerintah dapat mengendalikan harga komoditi ini agar harga yang ada bisa dipertahankan. Kalaupun turun karena pengaruh pasar luar negeri jangan sampai kembali ke harga seperti dulu.

from http://www.kapanlagi.com

0 comments:

Search Engine Optimization - AddMe